Boneka tradisionil Jepang ini miliki histori serta penuh arti, wow!

Umumnya dibeli oleh turis domestik maupun mancanegara untuk cinderamata serta oleh-oleh.

Bukanlah Barbie maupun Teddy Bear, Jepang rupanya mempunyai banyak boneka tradisionil yang miliki beragam jenis arti serta histori. Dari boneka yang dipakai untuk menghindar hujan turun, hingga boneka yang di buat untuk jadikan jimat serta diakui membawa keberuntungan serta ketabahan untuk mencapai maksud yang dicita-citakan. Selengkapnya

Boneka-boneka itu beredar banyak di Jepang. serta umumnya dibeli oleh turis domestik maupun mancanegara untuk cenderamata serta oleh-oleh. Boneka-boneka tradisionil Jepang apa sajakah?

Bila anda penasaran, yuk intip deretannya di bawah ini yang ditulis brilio. net dari beragam sumber, Senin (30/1).

 

1. Teru Teru Bozu.

 

photo : pinterest. com

Teru Teru Bozu yaitu boneka tradisionil Jepang yang terbuat dari kertas atau kain putih yang digantung di pinggir jendela dengan memakai benang. Dari sisi bentuk serta membuatnya, boneka itu serupa dengan boneka hantu seperti yang di buat ketika Halloween.

Jimat ini dipercaya mempunyai kemampuan ajaib yang dapat menghadirkan cuaca cerah serta hentikan atau menghindar hujan.

Screenshot_1.png

2. Gosho Ningyo.

 

photo : pinterest. com

Gosho Ningyo yaitu boneka lucu mirip bayi yang menggemaskan. Boneka gendut wajahnya kekanak-kanakan ini umum diberi jadi hadiah istimewa. Hiasan meriah dari kain gofun terlihat kontras dengan kulit putih boneka ini.

Museum National Kyoto di Jepang bahkan juga menyebutkan kalau profil putih, bulat, serta lucu ini mungkin saja di pengaruhi oleh boneka Saga (Saga Ningyo) yang tanpa ada baju.

 

3. Daruma atau Dharma.

 

photo : duniapixie. blogspot. com

Nah, bila boneka yang satu ini bernama Daruma. Boneka Daruma atau yang dikenal juga dengan boneka Dharma melukiskan pendeta Bodhidharma yang menegakkan serta jadi patriarki pertama Zen sekitaran 1500 th. kemarin.

Boneka Daruma ini berupa seperti bola dengan tubuh berwarna merah (yang paling umum) kuning, hijau, serta wajahnya putih tanpa ada biji mata.

Boneka ini memiliki kumis serta jambang dengan mata berwarna putih saja. Boneka Daruma adalah jimat untuk membawa keberuntungan serta ketabahan untuk mencapai maksud yang dicita-citakan.

 

4. Karakuri.

 

photo : axxon. com. ar

Boneka Karakuri adalah satu boneka bergerak atau automaton Jepang yang di buat pada era ke-18 sampai era ke-19. Ada tiga type karakuri paling utama dalam soal bentuk, yaitu Butai Karakuri (Karakuri pentas) dipakai dalam teater.

Zashiki Karakuri (Karakuri alas duduk) yang memiliki ukuran kecil serta dimainkan dalam kamar. Dashi Karakuri dipakai dalam pesta-pesta keagamaan, dalam pesta-pesta itu boneka-boneka ini dipakai untuk menghadirkan penceritaan legenda serta mitos tradisionil.

 

5. Hina Ningyo.

 

photo : pinterest. com

Boneka Hina Ningyo yaitu hiasan pokok pada acara Hina Matsuri. Boneka-Boneka ini awal mulanya terbuat dari rumput maupun kertas, sekarang ini boneka yang popular yaitu boneka yang elegan serta indah.

Hina Ningyo yang paling disenangi yaitu boneka yang disusun bertingkat, Hina Ningyo begini telah diketemukan di jaman Edo (era ke 18), terbagi dalam susunan sebagian boneka mirip manusia serta perabotnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s